Oni Manju

Untuk membuat Resep Oni Manju ini sangatlah mudah.makanan ini berasal dari masyarakat Jepang,adanya makanan Oni Manju ini,masyarakat Jepang terinspirasi dari cerita masyarakat setempat yang percaya dengan adanya makhluk jahat bernama oni.Oni manju ini adalah sejenis makanan yang terbuat dari ubi dan sekilas seperti dadar jagung kalau di indonesia.Jagungnya yang terlihat menonjol,tetapi kalau Oni manju ini,ubinya yang menonjol dan melambangkan tanduk serta gada dari makhluk jahat bernama oni tersebut.Maka dari itu makanan ini dinamakan Oni manju.Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan: 
・200 gram ubi
・60 gram gula
・Sejumput garam
・100 gram tepung terigu

Cara Memasak:

  1. Potong ubi menjadi bulatan dengan tebal 1 cm. Kupas tiap bulatan ubi kemudian potong-potong bentuk dadu dengan panjang sisi 1 cm. Rendam ubi dalam air selama sekitar 10 menit agar warnanya tidak berubah.
  2. Tiriskan potongan dadu pada wadah saringan. Masukkan ke dalam mangkuk, taburi gula, aduk lalu biarkan selama sekitar 20 menit sampai ubinya mengeluarkan cairan seperti sirup.
  3. Tambahkan garam dan tepung terigu pada potongan ubi bersama cairannya. Aduk menjadi adonan, tambahkan sekitar 2 sendok makan air untuk menghasilkan adonan yang lembut tapi tidak terlalu cair.
  4. Potong selembar kertas menjadi 4 potongan kotak dengan panjang sisi 6-7 cm. Bagi adonan menjadi 4 porsi yang sama. Tumpuk adonan pada masing-masing potongan kertas. Masukkan ke dalam pengukus lalu kukus di atas api sedang selama 20 menit. Angkat kemudian tiriskan di atas rak kawat.



Resep ini untuk 4 orang.